INFO PENGADUAN TAHUN 2022

REKAPAN PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP)  DINAS PENANAMAN MODAL, PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BONE BOLANGO TAHUN 2021
No Data Pelapor Tanggal Masuk Media Pengaduan Uraian Pengaduan Tindak Lanjut Tanggal Proses Status TL
 1  Elisabeth
5 Jan 2022 WhatsApp Operator Pengaduan Terkait permohonan izin lok
asi untuk perubahan dan penerbitan sertifikat atas nama badan usaha (CV. Kinamang), telah diajukan melalui sistem oss.go.id dan telah dilaku
kan pengajuan berkas permohonan langsung ke Badan Pertanahan Bone Bolango, namun menurutpetugas BPN pengajuan yang disampaikan melalui aplikasi oss.go.id tersebut belum masuk di sistem BPN. Kepada pemo
hon diminta data
ng atau menghubungi PTSP.
1. Dilakukan bantuan pendampingan secara online kepada Pengadu dan diminta Pengadu mengirikan username dan password yang sudah mereka buat untuk dapat login masuk di aplikasi oss;
 
5 Jan. 2022 Terima
          2.  Pengadu telah mengirimkan berkas dokumen sertifikat kepemilikan lahan yang telah dikuasainya. 5  Jan. 2022 Proses
          3. Petugas Operator Pengaduan telah membantu pengadu menyalin berkas sertifikat dari jpeg menjadi file pdf yang selanjutnya diunggah ke oss; 5 Jan. 2022 Proses
          4. Petugas Operator telah memberikan bantuan pembuatan peta polygon lokasi yang diajukan dalam file shp yang selanjutnya diunggah ke oss 5 Jan. 2022
 
Proses
          5. Telah dilakukan pendampingan oss kepada Pengadu di Loket Layanan Pengaduan oleh Petugas Loket, hingga Pengadu memperoleh cetak PKKPR sebagai bukti telah diajukan permohonan izin lokasi melalui oss kepada pihak BPN; 6 Jan 2022 Proses
          6. Cetakan PKKPR telah diterima Pengadu 6 Jan 2022 Selesai
2 Sri Wahyuni Umar 27 Jan. f2022 Loket Pengaduan MPP Bonbol Kami tidak bisa melakukan akses migrasi data usaha di Akun OSS, sebab email yang didaftarkan tidak dapat dibuka. 
1. Pengadu telah membuat surat pernyataan permohonan perubahan data perusahaan (alamat email) dan telah diserahkan kepada petugas/ pejabat terkait. 25 Jan 2022 Terima
          2. Petugas Back Office telah mengirimkan melalui pesan whatsapp dan kontak@oss.go.id 25 Jan 2022 Proses
          3. Telah diperoleh jawaban dari admin operator OSS BKPM terkait perubahan email atas nama Sri Wahyuni Umar. Informasi telah disampaikan kepada Pengadu untuk segera dapat melihat pesan masuk di email tsb.
27 Jan 2022 Selesai
3. Baharuddin Akude 03 Feb. 2022 Loket Pengaduan di MPP Bone Bolango Kami tidak bisa melakukan akses ke Akun OSS, sebab telah terjadi penggantia  direktur dikarenakan direktur lama telah meninggal. Sementara data  username dan password serta email tidak diketahui oleh pengurus baru
1. Pengadu telah membuat surat pernyataan permohonan perubahan data perusahaan (alamat email) dan telah diserahkan kepada petugas/ pejabat terkait.. 03 Feb 2022 Terima
          2. Petugas Back Office telah mengirimkan melalui pesan whatsapp dan kontak@oss.go.id 03 Feb 2022 Proses
          3. Telah diperoleh jawaban dari admin operator OSS BKPM terkait perubahan email atas nama PT. Alifa Apit Gorontalo. Informasi telah disampaikan kepada Pengadu untuk segera dapat melihat pesan masuk di email tsb.Pengadu telah melakukan migrasi data dan mencetak NIB dan SS
4 Feb. 2022 Selesai
4. Anisa R. Hadju 10 Febr. 2022 Loket Pengaduan Kami sudah melakukan pengajuan IMB di sistem SIMBG tapi sampai saat ini proses nya belum selesai padahal sudah 1 bulan lalu pengajuannya. Menurut informasi dinas pu katanya mereka belum dapat melakukan verifikasi atas permohanan itu 1.Pelaku usaha telah diminta untuk mengisi formulir pengaduan 10 Feb 2022 Terima
          2. Hal Pengaduan telah diteruskan ke Pejabat terkait 10 Feb 2022 Proses
          3. Pengadu telah diterima pejabat terkait dan telah memperoleh penjelasan atas keterhambatan proses Persetujuan Bangunan Gedung dengan Fungsi Usaha, karena verifikasi teknis dilakukan oleh Tim Pengkaji Ahli yang terdiri atas dinas teknis (PUPR) dan tenaga ahli dari akademis/perguruan tinggi yang memiliki kompetensi di bidang konstruksi bangunan gedung.Saat ini Tim Pengkaji Ahli (TPA) tersebut belum rampung terkait adminstrasi pelaksanaannya.
Hal lainnya juga terkait retribusi yang belum dapat kepastian pengenaan akibat perubahan peraturan perundangan dan belum adanya revisi perda atas perubahan tersebut.
10 Feb 2022 Proses
          4. Dengan terbitnya Surat Edaran Kebijakan Menteri, dimana bagi kabupaten/kota yang belum memiliki PERDA PBG, dapat menggunakan pengenaan retribusi PERDA yang ada.
Petugas PTSP dan Teknis terkait telah menghubungi pemohon untuk dapat melakukan pembayaran retribusi sesuai Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD)/e-billing pada Bank SULUTGO
3 Jun. 2022 Proses
          5. Pengadu telah melakukan pembanyaran retribusiPersetujuan Bangunan Gedung sudah di setujui dan Petugas Operator SIMBG telah meneruskan informasi tersebut kepada pemohon PBG.Pemohon PBG selaku Pengadu dapat memcetak PBG melalui sistem bangunan gedung atau dapat ke loket PTSP 7 Jun. 2022 Selesai
5. Nurul
 
17 Feb. 2022 Loket Pengaduan di Mal Pelayanan Publik
Bone Bolango
Pengadu telah melakukan penginputan kegiatan usaha di OSS RBA tapi data diri pengadu tidak dapat ditemukan sistem. Untuk itu pengadu mohon petunjuk atas masalah tersebut
 
1.Petugas operator telah melakukan pendampingan penginputan kembali di OSS RBA untuk melihat kemungkinan kesalahan memasukkan data yang dimintakan sistem
Ditemukan data diri pengadu tidak dapat ditemukan pada sistem dukcapil kepada pengadu diminta ke loket Dukcapil untuk memperbaiki data nya pada sistem dukcapil
17 Febr.
2022
Terima
          2. Petugas operator telah melakukan kembali pendampingan penginputan OSS RBA dan berhasil 17 Febr.
2022
Proses
          3. Pengadu menerima cetakan NIB kegiatan usahanya 17. Febr. 2022 Selesai
6. CV. LAM74 22 Feb. 2022 Loket Pengaduan di Mal Pelayanan Publik
Bone Bolango
Pengadu saat ini telah mengganti direktur perusahaan dan telah dilakukan perubahan akta perusahaan.
Perusahaan tidak dapat mengakses lagi login ke akun OSS, karena password masuk salah dan email yang digunakan untuk menerima verifikasi oss, tidak diketahui passwordnya (hanya diketahui direktur lama yang sudah melarikan diri (menghilang).
Perusahan tidak dapat migrasi data ke OSS RBA untuk melanjutkan pengajuan perizinan kegiatannya.
1. Pengadu telah diminta untuk mengisi formulir surat pernyataan permintaan perubahan data badan usaha dengan maksud penggantian alamat email. 22 Feb 2022 Terima
          2. Surat Penyataan telah dibuat dan ditandatangani di atas materai.
Pengadu diarahkan untuk mengirimkan pengajuan perubahan data ke Operator OSS BKPM di nomor wa 08116774642 dan juga di  email kontak@oss.go.id
22 Febr. 2022 Proses
          3. Perusahaan belum menerima jawaban dari OSS BKPM dan dilakukan kembali pengajuan perubahan dan sekaligus menghubungi Pejabat Kementerian Investasi Bagian Pengembangan Sistem.Perubahan belum dapat dilakukan karena sistem OSS RBA sementara proses maintenance 23 Febr. 2022 Selesai
7. Farhan dari PT.Salga 22 Feb 2022 Loket Pengaduan di Mal Pelayanan Publik
Bone Bolango
Pengadu saat ini akan melakukan pengajuan PB UMKU atas kegiatan usaha perusahaan yang bergerak di Industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) namun tidak dapat masuk karena harus dilakukan migrasi data sementara email perusahaan sudah hilang
 
1. Pengadu telah diminta untuk mengisi formulir pengaduan
Operator pengaduan telah melakukan pendampingan kepada Pengadu dan telah menerima konfirmasi di mail nya
22 Feb 2022 Terima
          2.  Pengadu di arahkan ke Petugas Admin Pendamping OSS dan telah dilakukan pendampingan pengajuan PB UMKU 22 Febr. 2022 Proses
          3. Pengadu telah menerima NIB RBA 22 Febr. 2022 Selesai
8. CV. Farabi Pratama 05 Maret 2022 Pesan WhatsApp Pengadu saat ini tidak dapat masuk karena harus dilakukan migrasi data sementara email perusahaan sudah tidak dapat dibuka
 
1. Petugas operator meminta pengadu membagikan alamat email untuk dicari permasalahannya
Petugas operator telah berhasil membuka email dengan memanggil nomor telphone yang didaftarkan ke alamat email yang masih merupakan nomor telpon Pengadu.
5 Maret 2022 Terima
          2. Petugas operator secara online melakukan pendampingan oss rba kepada pengadu 22. Febr 2022 Proses
          3.  Petugas operator menyerahkan NIB kepada pengadu (CV. Farabi Pratama)
22 Feb 2022 Selesai
9. Imran Ahmad
 
13 Maret 2022 Loket Pengaduan di Mal Pelayanan Publik
Bone Bolango
Pengadu keberatan atas status badan usaha menjadi NON UMK yang saat ini setelah dilakukannya migrasi data ke OSS RBA dan tidak dapat dilakukan perubahannya melalui sistem oss.
1. Pengadu telah diminta untuk mengisi formulir surat pernyataan perubahan data badan usaha danPetugas Loket Pengaduan telah di mengarahkan pengadu ke Petugas Admin Pendamping OSS untuk memperoleh bantuan dalam membuat LKPM yang akan di laporkan melalui sistem OSS RBA sebelum pengajuan pencabutan KBLI 13 Maret 2022 Proses
          2. Pengadu telah menerima perubahan status badan usaha menjadi UMK 13 Maret 2022 Selesai
10. CV. MUSTIKA FAJAR 17 Maret 2022 WhatsApp Operator Pengaduan Terkait pengajuan migrasi oss, kami tidak dapat lagi masuk ke sistem krn ditolak username/password salah.
1.Dilakukan bantuan pendampingan secara online kepada Pengadu dan diminta Pengadu mengirikan username dan password yang sudah mereka buat untuk dapat login masuk di aplikasi oss 17 Maret 2022 Terima
          2. Petugas operator mencari permasalahan kasusnya. Dan telah berhasil dilakukan migrasi data OSS. 27 Maret 2022 Proses
          3. Pengadu telah menerima file pdf atas NIB Perusahaan. 27 Maret 2022 Selesai
11. Grace 17 Maret 2022 WhatsApp Operator Pengaduan Terkait permohonan PKKPR untuk penerbitan sertifikat tanah atas nama Yayasan
telah dilakukan pengajuan berkas permohonan langsung ke Badan Pertanahan Bone Bolango, namun menurut petugas BPN pengajuan yang disampaikan melalui aplikasi oss.go.id tersebut belum masuk di sistem BPN. Kepada pemohon diminta datang atau menghubungi PTSP.

 
1. Petugas operator pengaduan menerima pengaduan melalui pesan wa dan meneruskan kepada operator oss  17 Maret 2022 Terima
          2. Petugas pendamping OSS melakukan bantuan pendampingan secara online kepada Pengadu dan diminta Pengadu mengirikan username dan password yang sudah mereka buat untuk dapat login masuk di aplikasi oss;Pengadu telah mengirimkan berkas dokumen sertifikat kepemilikan lahan yang telah dikuasainya.
Petugas Operator Pengaduan telah membantu pengadu menyalin berkas sertifikat dari jpeg menjadi file pdf yang selanjutnya diunggah ke oss;
Petugas Operator telah memberikan bantuan pembuatan peta polygon lokasi yang diajukan dalam file shp yang selanjutnya diunggah ke oss;
27 Maret 2022 Proses
          3. Telah dilakukan pendampingan perbaikan pengajuan data kegiatan badan usaha pada sistem oss rba dan Telah berhasil dilakukan Cetak PKKPR, untuk selanjutnya diserahkan kepada Badan Pertanahan (BPN). Januari 200 Selesai
12. Rommel Jabie 27 Maret 2022 Loket Pengaduan PTSP
di
MPP Bone Bolango
Terkait pengajuan migrasi oss, kami tidak dapat lagi masuk ke sistem krn ditolak username/ password salah.
 
1. Pengadu telah diminta untuk mengisi formulir surat pernyataan permintaan perubahan data badan usaha dengan maksud penggantian alamat email. Surat Penyataan telah dibuat dan ditandatangani di atas materai. 27 Maret 2022 Terima
          2.  Pengadu diarahkan untuk mengirimkan pengajuan perubahan data ke Operator OSS BKPM di nomor wa 08116774642 dan juga di  email kontak@oss.go.id 27 Maret 2022 Terima
          3.  Perusahaan telah memperoleh hak akses baru login ke oss.go.idPetugas meja pengaduan melaksanakan pendampingan perizinan berusaha kepada pengadu hingga diperoleh NIB sesuai KBLI yang dibutuhkan 28 Maret 2022 Selesai
13. Mutawasir  21 Mei 2022 Pesan WhatsApp 1. Kami saat ini memiliki kegiatan perdagangan besar bahan bangunan dan juga perdagangan eceran.
Kami telah lakukan penginputan di OSS RBA tapi kami memiliki kendala dan sampai saat ini Nomor Induk Berusaha belum bisa peroleh.
Menurut informasi yang kami peroleh dari petugas PTSP, kami tdk dapat mengajukan kedua kegiatan itu bersamaan, sementara kami sudah sangat memerlukan izinnya.

2. pada izin NIB yang sebelumnya kami cetak tidak tertera nama UD. Bagimana kami dapat miliki NIB dg nama UD.
 
1.  Pesan Pengadu telah ditindaklanjuti langsung oleh operator pengaduan.
Telah dilakukan penjelasan terkait kebijakan ketentuan yang berlaku.
Setiap NIB hanya dapat diberikan satu jenis perdagangan (besar atau eceran). Disarankan kepada pengadu untuk yang perdagangan besar dapat diajukan atas nama badan usaha seperti CV lebih baik.
Telah dilakukan pendampingan login masuk ke OSS RBA.
21 Mei 2022 Proses
          2.  Pengadu telah memperoleh NIB dengan jenis perdagangan eceran. 21 Mei 2022 Selesai
14 Ridwan Isa  16 Mei 2022 Loket Pengaduan di Mal Pelayanan Publik
Bone Bolango
Pengadu mempertanyakan izin operasional satuan pendidikan menengah Sekolah Menengah Islam Terpadu. Berkas telah lengkap dan telah memperoleh rekomendasi persetujuan teknis Dinas Pendidikan. Izin kami sudah sangat kami butuhkan sebagai pengajuan selanjutnya ke pusat.
Mohon bantuannya untuk mempercepat proses 
1.  Petugas loket pengaduan telah menerima dan meneruskannya kepada Petugas/Pejabat terkait 16 Mei 2022 Terima
          2. Ø Pejabat PTSP sekaligus memberikan penjelasan terkait keterlambatan penyerahan izin.
Telah dijelaskan kepada pengadu bahwa perizinan satuan pendidikan menengah yang diajukan telah diproses oleh PTSP dan saat ini tinggal ditandatangani Kadis. Sehingga menunggu Kepala Dinas DPMPTSP yang sedang dalam tugas luar daerah, yang diperkirakan kembali hari jumat.
16 Mei 2022 Proses
          3.  Petugas PTSP telah menyerahkan Izin Operasional Sekolah Pendidikan Menengah kepada Pengadu (Yayasan Nalole) 20 Mei 2022 Selesai
 
http://dpmptsp.bonebolangokab.go.id/ptsp/files/thumb/72abaaf1a5fb534/210/280/fit http://dpmptsp.bonebolangokab.go.id/ptsp/files/thumb/9dcf55077fe0543/210/280/fit

Status Permohonan

Daftar Permohonan

Permohonan Belum Diambil

Jajak Pendapat

Bagaimana menurut anda tampilan portal baru BPMPTSP ini?


Survey 1

Survey 1

  Lihat Hasil